Candi Ijo Yogyakarta, Menelusuri Jejak Nenek Moyang di Atas Ketinggian Jogja

Candi Ijo
 Hello sobat, lama tidak posting di blog ini karena memang beberapa waktu tidak hunting tempat wisata di Jogja. Dan awal tahun 2018 ini saya sudah mulai bergerilnya lagi..hehehe. Berikut ini adalah foto Candi Ijo, salah satu wisata sejarah di Yogyakarta yang berada di atas bukit yang indah dengan udara sangat sejuk.
Candi Ijo
Saya sendiri juga baru pertama kali ke Candi Ijo ini. Awalnya juga penasaran mengapa diberi nama Candi Ijo apakah karena memang terdapat unsur warna hijau disini dan ternyata tidak sama sekali. Lokasi Candi Ijo berada di Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi ini berada dekat dengan wisata Jogja yang juga cukup populer yaitu Tebing Breksi dan juga Istana Ratu Boko.

Untuk menuju ke Candi Ijo memang lebih nyaman dengan menggunakan kendaraan roda 2 karena rute yang cukup menanjak. Namun tetap bisa dengan roda 4 asal hati - hati dan kendaraan dalam keadaan sehat, jalannya juga sudah dibangun halus sampai dengan tujuan dan hanya sedikit yang rusak ketika sudah hampir sampai. Tiket masuk ke kawasan Candi Ijo juga cukup murah hanya sebesar 5ribu / orang.
Candi Ijo
Selain candi, disini juga ada menara pandang yang bisa untuk berfoto selfie dengan background pemandangan hijau yang luas. Sedangkan untuk warung makan sepertinya memang tidak tersedia banyak karena hanya ada beberapa di dekat area parkir. Candi Ijo ini bisa dibilang bertingkat - tingkat, ketika pertama masuk dari loket kita akan bertemu dengan sebuah bangunan candi dan runtuhan - runtuhan disekitarnya.
Candi Ijo
Dari sini kita akan naik melalui sebuah tangga hinga sampai di area Candi Ijo yang paling atas. Disini terdapat sebuah candi yang besar dan juga 3 candi yang berukuran lebih kecil. Dan dari atas sini kita juga akan melihat pemandangan luasnya kota Jogja yang akan memanjakan mata kita. Melihat lokasinya saya yakin dari sini kita bisa melihat pemandangan sunset yang sempurna, hanya saja karena waktu yang mepet jadi saya tidak sempat menunggunya.
Candi Ijo
Candi Ijo
Menurut beberapa sumber, nama Candi Ijo sendiri diambil karena berada di atas bukit yang bernama Bukit Hijau atau Gumuk Ijo dalam bahasa jawa. Candi ini dibangun pada sekitar abad ke 9 sedangkan Desa Ijo ini pertama kali disebutkan dalam Prasasti Poh yang berasal dari tahun 906 Masehi. Disini kita juga akan melihat berbagai ukiran dan prasasti di candi - candi tersebut yang pastinya mengandung makna sejarah zaman dahulu.
Candi Ijo
Sewaktu saya kesini ternyata cukup banyak pengunjung yang datang meskipun bukan dihari libur. Beberapa diantaranya adalah turis manca yang tertarik dengan sejarah Candi Ijo tersebut. Dan yang pasti karena berada diatas bukit, udara disini cukup segar dan pemandangannya juga benar - benar indah. Jadi jika kamu penasaran seperti apa suasana candi yang dibangun diatas dataran tinggi silahkan langsung menuju ke Candi Ijo.
Candi Ijo
Dan sampai disini dulu posting foto wisata Jogja kali ini. Jangan lupa untuk lihat wisata lainnya DISINI atau bisa juga cek info wisata Jogja di www.yogyalagi.com. Kamu juga bisa follow Instagram saya @anto_justlisten atau kunjungi YouTube Anto JL. Terimakasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini, sampai jumpa di posting berikutnya.

Comments